Bukittinggi. Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Universitas Negeri Padang (UNP) dan Fakultas Kedokteran UNP bersama-sama membahas dokumen mutu fakultas. Pembahasan ini dilakukan untuk menyempurnakan dokumen-dokumen mutu fakultas kedokteran UNP berupa kebijakan mutu, standar mutu, manual mutu, dan formular mutu. Fakultas kedokteran UNP yang baru berdiri tahun 2022 ini memang membutuhkan dokumen-dokumen mutu ini sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan Pendidikan. Selain standar Pendidikan, dokumen mutu ini juga mencakup standar penelitian dan standar pengabdian kepada masyarakat.

Pembahasan dokumen mutu fakultas kedokteran di selenggarakan Selasa 13 Juni 2023 di Kampus UNP Bukittinggi. Kampus ini juga yang diputuskan oleh rektor sebagai kampus untuk fakultas kedokteran UNP. Pembahasan dokumen melibatkan Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, S.Pd, M. Litt, Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Rika Susanti, Sp.FM, Sekretaris BPMI Dr. rer.nat. Deski Beri, S.Si, M.Si, Ketua Divisi Akreditasi Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd., Ketua Penjaminan Mutu Dr. Ofianto, M.Pd, Ketua program studi Kedokteran dr. Pudia M Indika, M, Kes., AIFO-K, Kepala Profesi Dr. dr. M. Hidayat Sp. M, dan dosen-dosen dari kedua program studi yaitu program studi kedokteran dan program profesi. Kepada seluruh peserta diskusi, dekan menyampaikan bahwa visitasi direncanakan dilakukan tanggal 22-23 Juni 2023. Dekan meminta keseriusan semua pihak untuk dapat menyelesaikan dan menyempurnakan dokumen sebelum masa visitasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, S.Pd, M. Litt. Beliau menyampaikan bahwa FK masih perlu mempersiapkan banyak hal terkait dokumen-dokumen yang sangat penting untuk visitasi karena penjaminan mutu untuk fakultas kedokteran menjadi unsur yang sangat penting agar mutu kedokterannya terjamin baik dari proses Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada kesempatan yang sama, WR I juga menyampaikan harapannya agar cepat divisitasi semoga cepat pula mendapatkan izin membuka prodi kedokteran.

Categories: Berita