Profil

BPMI adalah suatu badan independen universitas di bawah Rektor, merupakan koordinator penjaminan mutu pada tingkat universitas, guna mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan untuk kurun waktu tertentu. Sistem penjaminan mutu dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, hingga Jurusan/Program Studi.BPMI adalah suatu badan independen universitas di bawah Rektor, merupakan koordinator penjaminan mutu pada tingkat universitas, guna mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan untuk kurun waktu tertentu. Sistem penjaminan mutu dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, hingga Jurusan/Program Studi.

Pada tingkat Universitas, BPMI dipimpin oleh seorang Ketua dengan dibantu oleh seorangĀ  Sekretaris, serta berapa anggota tim BPMI yang merupakan perwakilan dari masing-masing Fakultas. Ketua BPMI bertanggung jawab langsung kepada Rektor, serta berkoordinasi dengan para Pembantu Rektor 1 dan pimpinan unit-unit kerja dalam pelaksanaan penjaminan mutu akademik di UNP. Sekretariat BPMI adalah seorang staf administrasi, membantu BPMI dalam melaksanakan kegiatan operasional sehari-hari, khususnya dalam bidang kesekretariatan dan kerumahtanggaan.

Fungsi penjaminan mutu di tingkat universitas ditekankan pada fungsi manajemen mutu terpadu (Total Quality Management/TQM), di tingkat Fakultas ditekankan pada fungsi Penjaminan Mutu (Quality Assurance) dan di tingkat Jurusan/Program Studi pada fungsi pengendalian Mutu (Quality Control).